Skip to main content

Technology


PENGARUH POSITIF DAN NEGATIF TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI SAAT INI 

Sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu :
Nama       : Rizfian Ramadhan
Alamat     : Jalan Akasia RT 35 RW 07 kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu.
Pekerjaan : Mahasiswa
            Berbicara perkembangan dan kemajuan teknologi tentunya bukan hal kecil yang akan dibahas, karena teknologi merupakan suatu kecanggihan untuk mempermudah pekerjaan manusia yang terus berkembang dan tak akan ada seorang pun yang dapat mengikuti perkembangan tersebut (Rizfian Ramadhan).
            Oleh karena itu, di sini saya mencoba untuk membahas salah satu bagian dari teknologi yang ada dan mayoritas masyarakat di Indonesia telah menggunakannya. Teknologi yang saya maksud adalah teknologi kendaraan roda dua dengan sistem pembakaran dalam atau yang biasa kita sebut dengan “sepeda motor”. Sepeda motor merupakan kendaraan yang digerakkan oleh motor bakar dengan merubah gerak translasi (naik turun) menuju gerak rotasi (putar) yang diteruskan oleh roda. Sepeda motor adalah salah satu teknologi yang telah berkembang sejak ratusan tahun yang lalu yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia (dalam hal ini adalah mempersingkat waktu untuk melakukan perjalanan). Perkembangan teknologi yang satu ini dapat dikategorikan sangat cepat, mulai dari akselerasi atau kecepatan hingga estetika atau keindahan dari sepeda motor itu sendiri. Dampak atau pengaruh positif dari terciptanya teknologi ini dapat dijabarkan seperti penjelasan di bawah ini :
ü  Mempersingkat waktu tempuh
Waktu merupakan dimensi pergantian situasi dan kondisi yang terus menerus terjadi. Pada zaman dahulu, untuk melakukan perjalanan dari suatu tempat menuju tempat lain dengan hanya menggunakan sapi atau lembu dapat menghabiskan waktu yang lama hingga berhari-hari untuk mencapai tujuan tersebut, hal ini tentunya sangat merugikan karena waktu hanya digunakan untuk melakukan perjalanan dan menghabiskan tenaga yang banyak. Inilah yang menjadikan dasar pemikiran ilmuwan-ilmuwan dunia untuk menciptakan teknologi sepeda motor.
ü  Sebagai teknologi untuk menghasilkan uang
Dengan adanya sepeda motor banyak masyarakat yang memanfaatkannya dengan cara yang berbeda-beda salah satunya adalah dengan menjadikan sepeda motor sebagai alat untuk menghasilkan uang. Dalam hal ini sepeda motor berfungsi sebagai alat utama. Contohnya adalah sebagai alat untuk berjualan dan jasa pengantar barang.
ü  Sebagai teknologi penyalur hobi
Dengan banyaknya kejuaraan-kejuaraan balap sepeda motor mulai dari tingkat daerah, nasional hingga tingkat internasional yang diadakan secara resmi oleh pihak-pihak terkait menjadikan para penggemar olahraga yang memacu adrenalin (balap motor) ini untuk menyalurkan hobi mereka secara resmi dan dikenal oleh masyarakat luas.
ü  Sebagai teknologi pemicu kreatifitas
Di indonesia, Pengguna sepeda motor semakin hari semakin meningkat, alasan ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang telah memiliki keahlian tentang sepeda motor untuk membuka usaha perbengkelan yang menerima jasa service dan repair serta modifikasi kendaraan sepeda motor baik itu masalah engine maupun komponen-komponen pendukung lainnya.
            Teknologi sepeda motor memang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas,  namun disetiap manfaat pasti terdapat mudarat, berikut ini merupakan pengaruh negatif dari penggunaan sepeda motor :
Ø  Polusi
Emisi atau gas buang yang dihasilkan oleh pembakaran yang berupa asam sulfat dan karbon dioksida terus berlangsung selama motor tersebut dihidupkan atau digunakan. Gas buang ini merupakan sumber terbesar penyumbang polusi udara di dunia. Polusi udara yang dihasilkan dapat mengakibatkan efek buruk terhadap lingkungan dan manusia. Untuk efek yang ditimbulkan kepada lingkungan adalah terjadinya hujan asam sehingga tumbuhan-tumbuhan hidup akan tercemar dan mati, hal ini sangatlah fatal mengingat bahwa tumbuhan adalah sumber oksigen dunia. Sedangkan untuk efek negatif pada manusia yaitu banyaknya masyarakat yang teserang penyakit gangguan pernapasan akibat gas buang yang dapat menyebabkan kematian.
Ø  Kemacetan
Dengan terus bertambahnya pengguna kendaraan sepeda motor dan tidak diikuti oleh perkembangan sarana transportasi yang mendukung dapat mengakibatkan kemacetan parah karena tidak sanggupnya sarana transportasi menampung kendaraan yang semakin hari semakin bertambah. hal ini sangat berpengaruh terhadap  transportasi dagang dari suatu daerah ke daerah lain sehingga dapat menghambat pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.
Ø  Kebodohan dan kemiskinan
Semua teknologi sepeda motor berasal atau diciptakan dan diproduksi oleh negara-negara luar negeri. Pernyataan ini benar dan dapat mengakibatkan kebodohan bagi generasi penerus bangsa Indonesia yang hanya menjadi penikmat teknologi luar negeri  tanpa terlintas sebuah keinginan untuk menciptakan dan memproduksi sendiri. Selain itu penawaran-penawaran yang diajukan oleh negara produsen kepada masyarakat indonesia seperti pembelian secara kredit akan menyebabkan kelumpuhan pertumbuhan ekonomi Indonesia karena masyarakat telah dibodohi dengan membeli teknologi yang keuntungannya mencapai 50%  dan dibayarkan secara berlipat ganda kepada negara produsen. “Sangat efektif jika masyarakat Indonesia mengelola uang tersebut untuk negaranya sendiri” (A.Sofwan FA, S.T., M.Tech., P.hD).                          
           

“Indonesia adalah negara besar dengan masyrakat yang cerdas dan sumber daya alam yang melimpah. Namun, ketika kita hanya sebagai penikmat karya orang lain kita tidak lebih hanya sebagai hewan peliharaan yang tunduk dan patuh kepada perintah majikannya. Untuk menjadi hebat mulailah dari hal kecil, mengadakan ketiadaan dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Indonesia Hebat Indonesia Menang!!!”(Rizfian_Ramadhan)                                                                                                                                                                                                                             http://www.rizfian-blogger.com/Mech-eng.Html

Comments

Popular posts from this blog

Teknik Mesin UNIB

Mechanical Engineering University Of Bengkulu Himpunan Mahasiswa Mesin Mechanical engineering atau yang biasa dikenal dengan teknik mesin merupakan salah satu program studi dari pendidikan tinggi yang terdapat di universitas negeri bengkulu (UNIB),teknik mesin merupakan ibu dari segala macam cabang keilmuawan teknik sehingga teknik mesin sering disebut dengan "THE MOTHER OF ENGINEERING". Teknik Mesin universitas bengkulu berdiri sekitar 11 tahun yang lalu atau pada tahun 2003. Teknik mesin memiliki 4 (empat) cabang bidang konsentrasi ilmu yaitu,bidang konversi energi, bidang material, bidang konstruksi dan perancangan, dan bidang produksi.Teknik Mesin Universitas Bengkulu memiliki jargon kebanggaan yaitu  Solidarity Forever  yang digemakan pada setiap perhelatan-perhelatan dalam bentuk yel-yel teknik mesin. Seperti Apa itu silahkan lihat video di bawah ini : https://www.youtube.com/watch?v=lIuyVbwtUfU

Maafkan Aku Ibu

Terhela nafas yang selalu aku haturkan kepada Tuhan, menghembuskan udara yang sepertinya tak pernah berpihak kepada harapan. Kepada Ibu dan keluarga tercinta, maafkan aku belum bisa membahagiakanmu. Hanya bermohon kepada sang Penguasa Jagad Raya, semoga tetap sehat dan bisa berkumpul seperti sedia kala. Andai adalah kata yang dusta, maka saat ini aku hanya berpasrah dan kecewa sebagai manusia.  Di tengah lautan, dalam ingin yang tak mau pulang. 

Berdamai dengan Diri

Aku sebatang pohon Diterjang beliung dan petir Belum jua bertunas sudah hangus terbakar Tidakkah hujan akan menyelamatiku?  Aku sebatang pohon Berakar serabut menyelam tanah Dalam tak bersambut banjir menghanyutkan Tidakkah matahari menyelamatiku?  Aku tau, nanti kan mati dan layu  Karena sengat mu wahai matahari Waktu mereformasi menjadi batu Sebatang pohon.